Let God Lead Others (Psalm 26:3)

Our day might seem better if everyone would just do what we tell them to do. But God doesn’t override people’s will, and we are not to do so either. Instead of trying to control people, pray that they will “hear” God leading them.

If someone persist in doing something his or her own way today, show your confidence in God by stepping aside. You may learn that you were wrong, or they may learn that you were right. God is big enough to get both you and them out of any mess they may make. Either way, He will get the glory, if you put your trust in Him.

 
Taken from the daily devotion book “Starting Your Day Right” – June 22 – by Joyce Meyer

Reblogged from Farley Kang

….people killing, people dying, children hurts and can you hear the women crying.. Can you practice what you’ve preached and would you turn the other cheek? Father, help us, send us some guidances from above.. Those people got me questioning, “Where is the LOVE?

Sepenggal lagu dari Black Eyed Peas melintas di kepala saat melihat kejadian pagi ini.

Di sebuah kendaraan transportasi publik yang penuh, ada seorang ibu yang baru masuk. Actually si kendaraan ini bisa menampung 11 orang dengan pembagian duduk 1 di samping pak supir (bukan kusir :p), 6 di sisi kanan dan 4 di sisi kiri. Tapi karena yang duduk di sisi kiri bomberman semua badannya, 3 orang sudah memenuhi kapasitas, sementara di sisi kanan sudah penuh 6 orang. Space tempat duduk yang tersisa di sisi kiri itu sangat-sangat sedikit, bisa dikatakan 1/4 pantat *maaf* juga ngga muat kali..

Memang sih, si ibu bisa memilih untuk menaiki kendaraan lain, tapi mungkin dia pikir karena udah terlanjur naik & sepagi ini (sekitar jam 5 AM) kendaraannya masih jarang, jadi dia ga turun..

Kelihatan sekali si ibu ini duduknya ga nyaman, kakinya menahan posisinya dengan diselonjorkan ke arah pintu, tangannya yang satu memegang erat tas yang ia bawa, sementara tangan satunya memegang pinggiran pintu kendaraan erat-erat..

Selain saya, hanya si ibu ini yang perempuan di kendaraan tersebut, sisanya laki-laki.. Saya memandang berkeliling, ini laki-laki ngga ada yang peduli, kah? 5 menit perjalanan pertama, kendaraan kami tiba di salah satu spot yang biasanya banyak orang turun, tapi ternyata kali ini ga ada satupun yang turun.. Dan ga ada juga satu orang pun yang menawarkan tempat duduknya ke si ibu.. Well, I was expecting the man to show themselves they’re a gentleman.. But my expectation was wrong.. Nobody cares..

Akhirnya saya memutuskan untuk memberikan tempat duduk saya, saya ngga pake coba-coba duduk di tempat duduk yang si ibu tadi duduki, saya duduk di pintu kendaraan aja.. Sedikit berbahaya memang, tapi, yahhh.. You know me lah, loncat dari kereta yang berjalan aja pernah saya lakukan, hehe.. :D

Kembali ke cerita tadi, singkat cerita, sepertinya saya berhasil menyentil harga diri beberapa laki-laki yang akhirnya mengatakan, ‘Neng bahaya di situ, sini naik sedikit, cukup kok,’ atau, ‘Sebentar lagi saya turun kok, sini tukeran,’ atau, ‘Di depan aja, neng, duduk berdua.’
I just smile at them and said, ‘No, it’s okay, I’m good’ while in my heart I was saying, ‘Well, it’s too late, man. Why didn’t you said that to the mistress who was seating there just right before me?’ *beside I have already feel comfort there, haha*

Black Eyed Peas’ song kinda slapped me in the face. Yes, where is the love? Sometimes, when it’s about our comfortness, we tend to be sooo damn selfish and pretend like we don’t care about others..

Ngga cuma cerita di atas aja, tapi kadang kalau naik kereta, begitu udah duduk, semua langsung nunduk dan pura-pura tidur, biar ga usah berdiri sampe mereka tiba di tujuan.. Padahal kadang ada bapak/ibu yang sudah lanjut usia, ibu hamil, ibu dengan anak yang berdiri di hadapan mereka..

Langsung kejadian, loh.. Ini saya lagi di kereta, udah duduk manis, samping kanan saya cowok muda, sebelahnya perempuan, ada ibu-ibu tua naik, temen perempuan si cowok ini sikut-sikut si cowok dan bilang, ‘Itu kasih duduk si ibu’, tapi si cowok cuma fokus sama HPnya, geleng-geleng. Sekali lagi si perempuan bilang, ‘Kasih duduk kali itu,’ tapi sekali lagi si cowol cuma geleng-geleng dan (sambil tetap fokus ke HP) dia bilang, ‘Ngga mauuu.’ *sigh!*

I am thankful, I am now planted in a church who cares about those people and called them priority people.. Because they are..

Back to the ‘where is the love’ part.. It made me think, bukankah ini yang diajarkan di setiap kepercayaan? Cinta kasih terhadap sesama? Despite of all kind of gospels, doesn’t love and good deeds become the main precept?

As for me, and my fellow Christians, the law of love has become the main love in our Christianity life. The Bible wrote, “Love others as well as you love yourself. There is no other commandment that ranks with these.” (Mark 12:31 MSG)

We can’t expect people to love us if we don’t love them first — this is not just about romance, love is greater than that. We don’t love God so He pours His love back at us, God has already loves us first! It’s because His love we are here in this world, it’s because His love we are saved, it’s because His love we are forgiven, and only because of His love we are so blessed..

Don’t let ourselves satisfied by only knowing The Word (above), shared it over and over with other people — but let ourselves practice what we’ve known, what we’ve preached, what we’re told..

Show other people that they’re loved, show other people that they’re taken care of, show other people that they’re respected.. For you never know what kind of a problem someone is facing, what kind of burden someone is holding, and how big is the love/care/smile you’ve given means to them..

Let’s love the world and it shall send it’s love back at us!
Don’t just talk about love, don’t just preach about love, but be the love!

God bless! :)

HOPE — When you think you’re hanging on the edge…

Many books talk about hope, many pastors preach about hope, many people make wishes and put their hopes in it.

But actually, what’s in a hope..?

In one of my services in church last week, my pastors said, hope is an unbreakable spiritual lifeline, reaching past all appearances right to the very presence of God where Jesus, running on ahead of us, has taken up his permanent post as high priest for us. (Heb 6:19 MSG)

Hope is like an anchor that holds our boat so it won’t float away and got carried away by the waves.

The thing is, sometimes people cries out their prayers and hopes, and the reality turns like their prayers are unanswered and their hopes fall down and crush. And when it is, people stop making prayers and turn down their hopes.

God has promises us a lot of things, and His promises in our life is not about something bad, yet it’s something beautiful. As said in Jeremiah 29:11, “I know what I’m doing. I have it all planned out—plans to take care of you, not abandon you, plans to give you the future you hope for.”

So, The Bible has clearly noted, that God has prepared the future we hope for. Then if we lose our hopes, or we started to stop hoping, we are really going to lost all of the best and beautiful and amazing things that God has prepared for us.

It’s never a problem if our hopes fell down someday, but it never means that we have to stop hoping as well. Some failure, disappointment and washed-out maybe have to happened before finally we got our consolation prize.

Let’s imagine our life as a puzzle that is assembled by a thousand pieces. The whole picture is about a beautiful scene where the sun shines so bright, there is a green grass field with flowerbeds above, birds that fly and chirping in the air, a rainbow that hangs in the middle of the sky, a river that flows it’s sparkling water all the way down with some little tiny rocks around. A beautiful picture that makes us want to hang it on our living room.

Failure, disappointment, washed-out moments may be a little pieces like the rock piece on our puzzle. It’s dark, it’s hopeless, it’s frightening, that we feel discourage to move on and go through.

This is the time when we have to wake up and have another point of view. That little black piece, is just a little piece of our big beautiful puzzle. Yes, it has to be there, because if it isn’t, we won’t have a whole picture of the beautiful scenery. So does with those black moments, it has to be there, we might have to feel disappoint or hopeless or washed out – so we can see that in the end, it is something that helps us build our whole puzzle. To have that beautiful picture, we have to let those things happened in our life.

Then, take control to what happened. True, we can’t control what happened in us, but we can control what happened in us.

However bad our disappointment was or how close you are about to fall from the edge, just get up and do your part and have faith that God will bring the best for you. He will save you, and our hopes in Him never disappoint us, for any hope that we cast in the name of God is our one thing that will make us steady in time and trial.

And remember, don’t lose hope just because you have had those black moments, because hope is about the future, not the past. Whatever happened, has happened, we can’t change it, but we can change our future, put another hope in it, move on and arrange our puzzle to be a whole, beautiful, amazing, breathtaking picture.

God bless! :)

_______________

Inspired by Ps. Jose Carol’s (@JoseCarol) preach about ‘Drifted’ and Ms. Hellen Siska’s (@HellenSiska) share about hope.

Save as WWF, Save a Tree

Save as WWF, Save A Tree

Save as WWF, Save A Tree

Di tengah jaman yang hiruk-pikuk sama isu global warming dan seribu satu cara lebih ramah lingkungan, penggunaan kertas menjadi salah satu topik hangat. Begitu banyak tips yang muncul seperti:

  1. Hindari mencetak dokumen kalau ngga perlu
  2. Cetak dokumen di kedua sisi kertas (gunakan kertas pada kedua sisinya)
  3. Kertas yang tidak terpakai baiknya disimpan lalu digunakan lagi untuk mencetak dokumen lain
  4. Kertas yang sudah terpakai di kedua sisinya masih bisa dimanfaatkan untuk membungkus barang atau sebagai tempat menempelkan bon-bon pengeluaran untuk laporan pertanggungjawaban
  5. Daur ulang kertas yang sudah tidak terpakai

The list is always going. Sangat bagus sebenarnya mengetahui banyak inventions” yang ditemukan. Dan dengan bangga, saya mau ikut mempopulerkan sebuah invention yang dipelopori WWF. Dengan tagline “Save as WWF, Save a Tree”, WWF mengeluarkan sebuah format untuk dokumen yaitu .wwf – di mana file yang disimpan dengan format ini bisa dengan mudah dibuka menggunakan Adobe Reader atau PDF Exchange Viewers, tetapi tidak dapat dicetak.

Save as WWF, Save a Tree

Read more…

Kebesaran Tuhan

Bacaan:  Mazmur 19:1-7

“Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya;”
—Mazmur 19:2

Alam semesta ini ada oleh karena karya tangan Tuhan. Tak dapat kita bayangkan betapa menakjubkan saat Tuhan merenda dunia dan segala isinya ini.

Maka, sungguh mengherankan bila ada orang tidak percaya kepada Tuhan atau meragukan keberadaan Tuhan, Pencipta alam semesta. Daud dalam mazmurnya menulis: “Orang bebal berkata dalam hatinya: ‘Tidak ada Allah.'” (Mazmur 14:1a). Jadi orang-orang yang masih menyangkal adanya Tuhan dan tidak mau mengakui bahwa Tuhan itu ada disebut sebagai orang bebal. Itulah sebabnya Paulus menasihati, “…perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,” (Efesus 5:15).

Alkitab juga menyatakan agar kita bukan saja hanya mengenal dan memahami bahwa Tuhan itu ada, tetapi juga harus mengasihi dan melayani Dia dengan segenap keberadaan hidup kita.

Tuhan menciptakan alam semesta dan segala isinya ini pasti ada maksudNya.  Semuanya bukanlah kebetulan. Ada rencanaNya yang indah di balik segala sesuatu. Harus kita akui bahwa pikiran kita sebagai manusia sangat terbatas dan tak mampu menjangkau pikiran dan rencana Tuhan seperti diungkapkan oleh pemazmur, “Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya! Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir.” (Mazmur 139:17-18a).

Ada ide yang cemerlang dan luar biasa di balik segala sesuatu yang terjadi di dunia ini yang berasal dari pikiran Tuhan sendiri. Langit dan bumi mengisahkan betapa agung dan dahsyat pekerjaan tanganNya. Matahari, bulan dan bintang pun tunduk kepadaNya.

Jika menyadari akan hal ini, siapakah kita ini di hadapan Tuhan? Kita harus sadar bahwa kita ini bukan apa-apa di hadapanNya.

Namun kita patut berbangga karena Tuhan;  Ia menyediakan alam semesta dan segala isinya ini untuk kita, supaya kita berkarya bagi hormat dan kemuliaan namaNya.


Taken from Renungan Harian Air Hidup – March 06, 2011

Important “Things To Try Before You Die”

“Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.” –Mazmur 27:4

Beberapa majalah, website dan media elektronik memberikan ide-ide yang patut dicoba dan tempat-tempat menarik yang perlu dikunjungi selama hidup Anda masih hidup. Banyak sekali aktivitas-aktivitas yang menantang, memompa adrenalin dan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan yang menarik untuk dicoba.

Kita bisa menikmati begitu luar biasanya dunia ini beserta kekayaan alam yang ada — pantai yang luar biasa indahnya dengan air laut yang begitu jernih, tempat-tempat yang masih natural dengan binatang-binatang liar yang beragam, terjun bebas dari tempat yang begitu tinggi, mendaki gunung tertinggi, bahkan melakukan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Di samping tempat-tempat dan aktivitas yang ditawarkan, ada satu hal utama yang patut kita lakukan selama kita masih hidup. Ketika kita berada di dalam hadiratNya, kita berjalan bersama dengan Dia, kita hidup di dalam Dia, maka kita akan menyaksikan segala kemurahaan Tuhan dan menikmati segala kelimpahan dan kekayaan dalam baitNya.

“Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi. Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.” (Mzm 73:25-26)

Pemazmur tahu persis apa yang dia dapatkan ketika ada di dalam hadiratNya. Tidak ada hal yang dapat menandingi segala keindahan dan kekayaan dunia ini, tidak ada hal yang sebanding dengan kenikmatan yang ada ketika kita berada dalam hadiratNya dan hidup berjalan bersamaNya.

Ketika kita belum menikmati hidup berjalan bersamaNya, maka hidup kita belumlah lengkap. Yesus melengkapi seluruh aspek kehidupan kita.

Jadikan hidup dalam hadirat Tuhan dan berjalan bersamaNya menempati posisi pertama yang harus kita lakukan selama kita masih hidup.

—-
Taken & simplified from Pelita Hidup: Important Things To Try Before You Die”

Bersyukur dan Berbahagia

“Bersukacitalah senantiasa. … Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”
—1 Tesalonika 5:16, 18

Begitu memasuki mobil mewahnya, seorang direktur bertanya pada sopir pribadinya, “Bagaimana kira-kira cuaca hari ini?” Si sopir menjawab, “Cuaca hari ini adalah cuaca yang saya sukai.” Merasa penasaran dengan jawaban tersebut, direktur ini bertanya lagi, “Bagaimana kamu bisa
begitu yakin?”

Supirnya menjawab, “Begini, Pak, saya sudah belajar bahwa saya tak selalu mendapatkan apa yang saya sukai, karena itu saya selalu menyukai apapun yang saya dapatkan”.

Jawaban singkat tadi merupakan wujud perasaan syukur. Dengan bersyukur kita senantiasa diliputi rasa damai, tenteram, dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani, kita selalu merasa kurang dan tak bahagia.

Ada 2 hal yang sering membuat kita tak bersyukur:

  1. Pertama, kita sering memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki. Katakanlah kita memiliki sebuah rumah, kendaraan, pekerjaan tetap, dan pasangan yang baik. Tapi kita masih merasa kurang. Pikiran kita dipenuhi berbagai target dan keinginan. Kita begitu terobsesi oleh rumah yang besar dan indah, mobil mewah, serta pekerjaan yang mendatangkan lebih banyak uang. Kita ingin ini dan itu. Bila tak mendapatkannya kita terus memikirkannya. Tapi anehnya, walaupun sudah mendapatkannya, kita hanya menikmati kesenangan sesaat. Kita tetap tak puas, kita ingin yang lebih lagi. Kita tak pernah menjadi “kaya” dalam arti yang sesungguhnya.Orang yang “kaya” bukanlah orang yang memiliki banyak hal, tetapi orang yang dapat menikmati apapun yang mereka miliki. Wajar jika kita memiliki keinginan, tapi kita perlu menyadari bahwa inilah akar perasaan tak tenteram. Kita dapat mengubah perasaan ini dengan berfokus pada apa yang sudah kita miliki. Coba lihat keadaan di sekeliling, pikirkan yang kita miliki, dan syukurilah.
  2. Hal kedua yang sering membuat kita tak bersyukur adalah kecenderungan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita merasa orang lain lebih beruntung. Kemanapun kita pergi, selalu ada orang yang lebih pandai, lebih tampan, lebih cantik, lebih percaya diri, dan lebih kaya dari kita.

Hidup akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi.


Taken from Renungan Harian Kita: Bersyukur dan Berbahagia

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.